Arsip Berita Pengadilan

Demi Kemajuan Bersama: PA Kuala Kurun Ikuti Pembinaan Dirjen Badilag Melalui Media Telecoference Di PTA Palangka Raya

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun – Rapat kerja di lingkungan PTA Palangka Raya yang dilaksanakan hari Kamis, 20 Februari 2020 dengan agenda Pembinaan Dirjen Badilag melalui Media Telecoference. Pengadilan Agama Kuala Kurun ikut turut serta dalam kegiatan tersebut, yang diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun, Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H., Wakil Ketua, Muchamad Misbachul Anam, S.H.I., M.H., Plh. Panitera, Ma’mun, S.H., dan Staff CPNS, Ardian Shaleh, S.E.

Dalam teleconference Bapak Dirjen menjelaskan agar seluruh PTA Indonesia terutama menggunakan 9 Aplikasi unggulan Dirjen Badilag dari 3 PTA yang sedang dalam acara Telecoference salah satunya PTA Palangka Raya. Bapak Dirjen meresmikan secara langsung 10 Aplikasi unggulan dari PTA Palangka Raya yakni :

  1. Sistem Monitoring Absensi (SIMONA);
  2. Sitem Pengelolaan Naskah Dinas (SIPENDI);
  3. Sistem Informasi Dokumentasi Administrasi Kepaniteraan (SIDAK);
  4. PTSP dan Antrian Sidang;
  5. Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);
  6. Survey Pelayanan Publik dan Persepsi Korupsi (SP3K);
  7. Buku Tamu Elektronik (BUTIK);
  8. Sistem Meja Informasi (SIMI);
  9. Sistem Informasi Keamanan Akta Terinregrasi (SIKAT); dan
  10. Scaning Card Informasi Perkara (SCIP).

10 Aplikasi unggulan dari Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya merupakan pencapaian prestasi yang sangat luar biasa. Selain prestasi tersebut ada juga pencapaian yang lain adalah pada akhir tahun 2019 Badilag atau Pengadilan Agama keluar sebagai pemenang dalam meraih Zona Integritas dari 53 Satuan Kerja yang diusulkan, 28 Satker ditetapkan sebagai peraih WBK, salah satunya adalah PTA Palangka Raya.

Melalui Media Teleconference Dirjen Badilag Mahkamah Agung Republik Indonesia, Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., saya sangat berterima kasih atas pencapaian yang membanggakan dengan launchingnya 10 Aplikasi dari PTA Palangka Raya sehingga dapat memajukan Peradilan Agama berbasis IT serta apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh aparatur PA yang telah merespon kebijakan Badilag. Selain itu Bapak Dirjen Badilag menyampaikan ‘’ Dirjen Badilag bertekad agar Peradilan Agama menjadi Pengadilan role model, teknologi dan informasi yang dimiliki Badilag telah diuji coba antar benua Asia dan Australia sehingga tidak ada keraguan lagi untuk melaksanakan program berbasis IT. Selain itu juga Dirjen Badilag telah melakukan kerjasama internasional dengan negara Australia, Malaysia, Saudi Arabia, Kuwait, dan Qatar demi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, ‘’tutur Aco Nur.

Seusai coffee break Tim Redaksi PA Kuala Kurun menghampiri salah satu pegawai PA Kuala Kurun, Ardian Shaleh, S.E. yang sering disapa dalam kesehariannya Mas Ardi, mengungkapkan ‘’saya bangga dengan adanya 10 launching Aplikasi  unggulan dari PTA Palangka Raya yang sudah diresmikan waktu rapat kerja tadi. Semoga adanya Aplikasi tersebut dapat membantu atau mempermudah dalam pekerjaannnya baik itu melayani masyarakat para pencari keadilan serta juga memajukan Peradilan Agama dengan program berbasi IT, ‘’ujar Ardian.

Bravo PA Kuala Kurun!” (NV - TI).