Arsip Berita Pengadilan

Jum’at Berkah, Ketua PA Kuala Kurun Kelas II Naik Mimbar !!

 

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun – Hari Jumat, tanggal 04 Oktober 2019 tepatnya tanggal 05 Safar 1441 H, Pukul 11.00 WIB, bertempat Di Masjid Agung Darunnajah Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas. Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II, Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H. pertama kalinya di Kuala Kurun Khotbah di masjid tersebut, belum genap 1 (satu) tahun Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II berdiri, patut dicontoh agar selalu memberikan kebaikan, misalnya berdakwah.

Dalam shalat Jum’at siang tadi banyak sekali Umat Islam melaksanakan shalat Jum’at di Masjid Agung, Ketua PA menyampaikan khotbahnya yang mendalam dan penuh kesan, beliau menyampaikan dalam khotbahnya dengan judul : “ Keutamaan Bulan Muharram”, “dengan kehadiran Pengadilan Agama di Kuala Kurun, saya mengajak Kaum Muslimin Kabupaten Gunung Mas. Khususnya Kota Kuala Kurun agar senantiasa mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku, wajib menegakkan Hukum Islam seutuhnya secara konsisten, hari ini tanggal 05 Safar 1441 Hijriah bulan kedua tahun Hijriah, ini artinya kita masih dalam suasana tahun baru islam. Perlu kita syukuri karena bulan Muharram termasuk bulan yang mulia untuk menjalani bulan-bulan berikutnya dengan lebih baik lagi,” katanya.

Menurut Ibnu  al-Jauzi dalam kitab at-Tashirah juz 2 halaman 6, bulan Muharram adalah bulan yang mulia derajatnya. Dinamakan dengan bulan Muharram, karena Allah mengharamkan peperangan dan konflik di bulan mulia ini, selain itu, bulan ini juga termasuk salah satu dari bulan-bulan yang mulia, yaitu Muharram, Dzulhijjah, Dzulqa’dah, dan Rajab. Bulan Muharram adalah momen terbaik untuk meningkatkan kebaikan dan ketakwaan kepada Allah. Di bulan Muarram ini terdapat hari yang istimewa, yaitu hari Asyura, di hari tersebut umat Islam disunnahkan untuk berpuasa.

“Mengapa hari Asyura disebut dengan Asyura (sepuluh)? Badaruddin al-Aini dalam kitab UMdatul Qari’Syarah Shahih Bukhari, Juz 11, halaman 117, beliau menjelaskan sebuah pendapat bahwa di hari Asyura Allah memberikan kemuliaan dan kehormatan kepada sepuluh nabi-Nya. Yaitu (1) kemenangan Nabi Musa atas Fir’aun, (2) pendaratan kapal Nabi Nuh, (3) keselamatan Nabi Yunus dengan keluar dari perut ikan, (4) ampunan Allah untuk Nabi Adam AS, (5) keselamatan Nabi Yusuf dengan keluar dari sumur pembuangan, (6) kelahiran Nabi Isa AS, (7) ampunan Allah untuk Nabi Dawud, (8) kelahiran Nabi Ibrahim AS, (9) Nabi Ya’qub dapat kembali melihat, dan (10) ampunan Allah untuk Nabi Muhammad, baik kesalahan yang telah lampau maupun yang akan dating,”pangkasnya.

Bravo PA Kuala Kurun!” (NV - TI).

 

 

 Aplikasi - Aplikasi Pendukung